Persewangi Gagal ke Divisi Utama

Jakarta (beritajatim.com) - Satu tim asal Jawa Timur, Persewangi Banyuwangi, gagal merebut tiket promosi ke Divisi Utama. Sampai laga terakhir grup I, Persewangi hanya mampu finish di urutan ketiga dari empat tim. Persbul Buol dan Perssin Sinjai, adalah dua di antara pendatang baru yang akan meramaikan kompetisi Divisi Utama periode 2011-2012 itu.

Kedua tim dari tanah Sulawesi ini berhasil memastikan tempatnya di Divisi Utama setelah memperoleh tiket promosi yang diperebutkan pada Putaran III atau babak 12 besar kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI-2010 yang dilangsungkan 1-7 Desember ini di Stadion Singaperbangsa, Karawang dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Persbul Buol menjadi tim pertama dari Sulawesi Tengah yang mencatat sejarah lolos ke Divisi Utama. Sementara, Perssin Sinjai memang bukan menjadi tim pertama asal Sulsel yang beruntung menjajal ketatnya persaingan Divisi Utama. Namun demikian, Perssin Sinjai tetap bangga karena baru sekali ini berhasil menerjang gelaran Divisi Utama.

Persbul Buol dan Perssin Sinjai lolos ke Divisi Utama setelah menjadi juara dan runner-up dari penyisihan Grup I babak 12 besar Divisi I tahun 2010 ini. Keduanya mengungguli Persewangi Banyuwangi (Jatim) dan Persitema Temanggung (Jateng) yang berada di penyisihan grupnya. Persbul Buol menempati posisi teratas dengan nilai tuijuh dari dua kemenangan dan sekali imbang, sementara Perssin Sinjai membayangi di posisi kedua dengan nilai lima dari sekali menang dan dua kali imbang.

Kepastian lolosnya Persbul Buol dan Perssin Sinjai ke Divisi Utama ditentukan dari hasil pertandingan terakhir yang mereka jalani, Senin (6/12) malam, yang dilangsungkan secara bersamaan karena sama-sama menentukan. Di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Persbul Buol mengalahkan Persitema Temanggung 2-1, sementara di Stadion Lebak Bulus, Jaksel, Perssin Sinjai merebut satu angka krusial dengan menahan Persewangi Banyuwangi 1-1.

Raihan satu angka dari permainan imbang 1-1 dengan Persewangi sudah cukup untuk meloloskan Perssin Sinjai ke Divisi Utama, sebab akumulasi nilainya masih satu angka diatas tim Banguwangi.

Berbeda dengan pertandingan antara Persbul Buol dengan Persitema Temanggung di Singaperbangsa, yang relatif datar karena tim Temanggung sudah tak punya peluang lagi untuk lolos ke Divisi Utama, duel Perssin Sinjai dengan Persewangi berlangsung panas dan menegangkan. Karena masih sama-sama memiliki peluang, kedua tim sejak awal bermain agresif, keras, bahkan menjurus kasar. Wasit Syarifuddin Sinaga bertindak tegas untuk mengeluarkan empat kartu kuning bagi Anis Musiono, Diki Rolias Sandra, I Putu Ahimsah dan Khourur Rofik dari Persewangi, serta Solihin, Hamdi Haya dan Baso Bintang dari Perssin Sinjai.

Dalam pertandingan yang ketat dan menegangkan ini Perssin Sinnai mencetak gol lebih dulu pada menit ke-31 melalui Baharuddin. Perssin Sinjai memiliki sejumlah peluang untuk menambah perolehan golnya, walau lebih banyak kandas karena penyelesaian yang tidak sempurna. Demikian juga dengan Persewangi Banyuwangi. Setelah berulangkali menekan, tim Banyuwangi berhasil menyamakan kedudsukan menjadi 1-1 melalui gol pemain pengganti M.Raul Setyawan pada menit 67.

Di Singaperbangsa, Karawang, Persbul Buol mencetak dua golnya ke gawang Petsitema Temanggung dari tendangan Beni Ashar menit 23 dan M.Roza menit 51. Satu gol hiburan untuk Persitema Temanggung dibuat M.Ruslan menit 66. [but]

HASIL & JADWAL PERTANDINGAN GRUP I (SINGAPERBANGSA)

KAMIS (2/12) : Persbul Buol vs Persewangi Banyuwangi 2-1; Perssin Sinjai vs Persitema Temanggung 1-0;

SABTU (4/12): Persbul Buol vs Perssin Sinjai 1-1; Persewangi Banyuwangi vs Persitema Temanggung 2-0;

SENIN (6/12): Persbul Buol vs Persitema Temanggung 2-1 (Singaperbangsa); Perssin Sinjai vs Persewangi Banyuwangi 1-1 (Lebak Bulus)

KLASEMEN AKHIR GRUP 1
1. Persbul Buol 3 2 1 0 5-3 7
2. Perssin Sinjai 3 1 2 0 3-2 5
3. Persewangi 3 1 1 1 4-3 4
4. Persitema 3 0 0 3 1-5 0

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar