12 TIM SUDAH LOLOS PUTARAN II, TERMASUK PERSID JEMBER

12 Tim Sudah Lolos ke Putaran II Divisi I Sebanyak 12 tim sudah meloloskan diri ke putaran kedua kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI-2010 yang digelar oleh Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI mulai pekan ketiga Oktober mendatang..

Menyusul keberhasilan Persin Sinjai, PSBS Biak, Persepar Palangkaraya dan Persigubin Gunung Bintang yang sudah memastikan tempatnya ke putaran kedua sejak beberapa hari lalu, pada Sabtu (2/10) delapan tim mengikuti jejak mereka untuk mengisi posisi "24 besar" kompetisi Divisi I
yang merupakan level tertinggi liga amatir yang dikelola BLAI PSSI ini.

Ke-8 tim ini adalah PSBL Langsa dan PSGL Gayo Luwes dari grup III, Persid Jember dari grup VI, KSB Sumbawa Barat dan Persebi Bima dari grup VIII, Persewangi Banyuwangi dan Persewon Wondama dari grup IX, serta Persbul Buol dari grup X.

12 tempat lainnya di putaran kedua masih diperebutkan di beberapa grup, termasuk penyisihan grup I yang kemungkinan besar baru akan digelar akhir pekan ini di Jakarta.BLAI memutuskan tuan rumah bersama untuk penyisihan grup I yang bermaterikan lima tim asal Sumatera ini.

Pada beberapa grup lainnya tim-tim tuan rumah berpeluang lolos karena tetap kokoh di puncak klasemen. Misalnya, Persip Kota Pekalongan di grup IV, PSBK Blitar di grup V, Madiun Putra FC di grup VII. Di grup VII ini, Persipon Pontianak akhirnya ikut memanaskan persaingan lolos ke putraan kedua setelah memetik kemenangan atas Persekaba Blora pada laga ketiganya, Sabtu malam.

Persaingan menegangkan juga masih tersaji di beberapa grup, misalnya di grup II yang digelar di Siak. Em tim masih sama-sama berpeluang memburu dua posisi ke putaran kedua, yakini PSP Padang, PS Bangka, PSPP Padeang Panjang dan tim tuan rumah PS Siak.

Nasib tragis dialami tim Persires Rengat, salah satu wakil dari Riau. Sudah terdegradasi dari Divisi Utama, Persires terpuruk di posisi kelima dalam klasemen senentara dengan nilai dua dari tiga pertandingannya. Tim lain yang berpeluang lolos ke putaran kedua adalah Persitama Temanggung dari grup IV, serta Pesik Kuningan dan Jakarta Timur FC dari grup V, Persik Kendal dari grup VI, Persepam Pamekasan di grup VII, serta Persipal Palu di grup X. Tim kota Palu sebenarnya sudah bisa dikatakan lolos, mengingat pada pertandingan terakhirnya hanya membutuhkan hasil seri dengan tim tuan rumah Persbul Buol yang sudah lolos.

Dari persaingan grup II yang dilangsungkan di Stadion Kampung Rempak, Siak, PSP Padang mengambil-alih pimpinan klasemen dari PSPP Pasang Panjang setelah menambah perolehan angkanya menjadi enam dari kemenangan 2-0 atas Persibabar Bangka Barat. Padang melejit ke posisi teratas dengan unggul satu angka dari PS Bangka yang hanya bermain imbang tanpa gpl dengan Persires Rengat.

Klasemen Grup II
1. PSP Padang 3 2 -- 1 6-2 6
2. PS Bangka 3 1 2 -- 1-0 5
3 Padang Panjang 2 1 1 --- 1-0 4
4. PS Siak 2 1 1 -- 1-0 4
5.Persires Rengat 3 -- 2 1 1-2 2
6. Bangka Barat 3 -- -- 3 0-4 -0

Dari penyisihan grup III di Stadion Seribu Bukit, Gayo Luwes, Persiju Sijunjung sudah tak berpeluang tampil menawan untuk merebut angka dari permainan imbang 1-1 dengan PSSA Asahan. Hasil seri ini sepertinya mengubur peluang Asahan untuk lolos ke putaran kedua, sebab baru mengoleksi dua angka. Seandainya menang dari Sijunjung, tim Asahan masih berpeluang lolos meski masih ditentukan dari hasil pertandingan antara tuan rumah Gayo Luwes dengan pimpinan klasemen PSBL Langsa, Minggu ini.

Klasemen Grup III
1. PSBL Langsa 2 2 -- -- 3-0 6
2. PSGL Gayo Luwes 2 1 1 -- 5-2 4
3. PSSA Asahan 3 -- 2 1- 4-5 2
4. Persiju Sijunjung 3 -- 1- 2 1-6 1

Dari pertandingan lanjutan grup IV di Stadion Keraton, Pekalongan, tim tuan rumah kembali memimpin klasemen setelah mengungguli Persika Karawang 1-0. Kekalahan dari Persip Pekalongan makin menyulitkan posisi tim Karawang untuk lolos ke putaran kedua, karena baru membukukan satu angka dari dua penampilannya. Demikian juga dengan wakil Jabar lainnya, Persikasi Bekasi.

Klasemen Grup IV
1. Persip Kota Pekalongan 2 2 -- - --- 4-1 6
2.Persitema Temanggung 2 2 --- -- 3-1- 6
3. Persipa Pati 2 1 --- 1 3-4 3
4. Persikasi Bekasi 2 -- 1 1- 3-4- 1
5. Persika Karawang 2 -- 1 1 2-3 1
6. PSBL Bandar Lampung 2 --- --- 2 1-3 0

Dua tim asal Jabar lainnya yang bergabung di grup V yang dimainkan di Gelora Supriyadi, Blitar, yakni PSB Bogor dan Persikad Depok, dipastikan sudah kehilangan peluangnya untuk lolos ke putaran kedua. Bogor baru membukukan nilai dua, sementara Depok bahkan satu. Kedua tim bermain imbang 2-2 pada Sabtu sore. Hasil imbang yang diperoleh tim Bogor ini agak menguntungkan Jakarta Timur FC, yang sementara bercokol di urutan tiga klasemen di bawah PSBK Blitar dan Pesik Kuningan. Jakarta Timur akan menghadapi PSB Bogor dan tim tuan rumah untuk memburu tenpat di putarab kedua.

Klasemen Grup V
1. PSBK Blitar 2 2 --- --- 5-2 6
2. Pesik Kuningan 2 1 1 -- 4-2 4
3. Jakarta Timur FC 2 1 -- 1 1-2 3
4. PSB Bogor 3 --- 2 1 4-5 2
5. Persikad Depok 3 -- -1 2 4-7 1

Dari lanjutan pertandingan grup V di Stadion Noto Hadinegoro, Jember, terjadi kejutan ketika tim Persida Sidoarjo yang sudah tak kagi berpeluang pada pertandingan terakhirnya berhasil memetik tiga angka dari kemenangan 3-2 atas Persebi Boyolali. Kekalahan dari tim Sidoarjo membuat posisi Boyolali di tubir jurang, mengingat nasibnya sangat tergantung dari hasil pertandingan antara tim tuan rumah dengan Persik Kendal, Minggu ini. Bila pertandingan itu imbang, Boyolali tersisih.

Klasemen Grup VI
1. Persid Jember 2 2 -- -- 6-0 6
2. Persiik Kendal 2 1 -- 1 1-3 3
3. Persebi Boyolali 3 1 -- 2 3-5 3
4. Persida Sidoarjo 3 1- -- 2 3-7 3

Pada penyisihan grup VII di Stadion Wilis, Madiun, tim tuan rumah Madiun Putra untuk ketiga kalinya tampil ke lapangan Minggu malam ini, menghadapi Persipur Purwodadi. Bila kembali berhasil memuskan belasan ribu penduikungnya dengan mengalahkan Persipur, maka "the Madman" sudah memastikan satu tempat di putaran kedua.

Dari lanjutan pertandingan Sabtu malam, tim Persipon Pontianak bangkir dari dua penampilan terdahulunya yang buruk, dengan mengalahkan Persekaba Blora 1-0. Persipon Pontianak yang ditangani mantan "bomber" timnas 1990-an Perry Sandria, sebelumnya dipukul Madiun Putra FC 0-3 dan menyerah 0-1 pada Persepam Pamekasan.

Klasemen Grup VII
1.Madiun Putra FC 2 2 --- -- 4-0 6
2.Persepam Pamekasan 2 1 1- -- 1-0 4
3. Persipon Pontianak 3 1 -- 2 1-4 3
4. Persipur Purwodadi 2 -- 2 -- 0-0 2
5. Persekaba Blora 3 -- 1 2 0-2 1

Dari lanjutan penyisihan grup VIII di Stadion GOR 17 Desember, Cakranegara. Mataram, tim tuan rumah KSB Sumbawa Barat bermain imbang tanpa gol dengan tim asal NTB lainnya, Persebi Bima. Hasil pertandingan kedua tim memang sudah tak mempengaruhi peluang keduanya untuk lolos ke putaran kedua, menyusul hambang imbang tanpa gol pula dari laga antara Persekabpas Pasuruan dengan tim Persipas Paser yang dilangsungkan sebelumnya.

Klasemen Akhir Grup VIII
1 KSB Sumbawa Barat 3 2 1-- -- 4-1 7
2. Persebi Bima 3 1 2 -- 2-1 5
3. Persekabpas Pasuruan 3 -- 2 1 0-2 2
4. Persipas Paser 3 -- 1- 2 2-4 1

Dua pertandingan terakhir penyisihan grup IX juga dilangsungkan Sabtu, di Stadion Stadion Diponegoro, Banyuwangi. Pada pertandingan pertama, tim Persedikab Kabupaten Kediri tampil perkasa untuk menghajar Persista Sintang Kalbar 5-1. Raihan tiga angka itu membuat perolehan nilai Persedikab menjadi empat, serupa dengan Persewon Wondama dari Papua Barat. Persedikab Kediri bisa lolos ke putaran kedua jika Persewon ditaklukkan oleh Persewangi Banyuwangi. Akan tetapi, Persewon Wondama yang dilatih oleh Paul Cumming justru berhasil menahan tim tuan rumah tanpa gol. Akibatnya, Persedikab harus puas di posisi ketiga.

Klasemen Grup IX
1. Persewangi Banyuwangi 3 2 1- -- 3-0 7
2. Persewon Wondama 3 1 2 - 1-0 5
3. Persedikab Kab.Kedir 3 1- 1 1 6-2 4
4. Persista Sintang 3 -- -- 3 1-8 0

Dari penyisihan grup X di Stadion Kuonoto, Buol, raihan tiga angka dari kemenangan 2-1 atas PSKT Tomohon memastikan Persbul Buol lolos ke putaran kedua, meski masih menyisakan satu laga tersisa melawan Persipal Palu hari Selasa nanti.

Minggu ini penyisihan grup X diliburkan, dilanjutkan Senin, mempertemukan Persikos Sorong dengan PSKT Tomohon. Bila tim Sorong bisa mengalahkan Tomohon dengan banyak gol, maka mereka membukukan nilai empat dan bisa mengancam posisi Persipal Palu. Dengan catatan, terbantu oleh kemenangan besar tim Buol atas Palu, Selasa mendatang.

Klasemen Grup X
1. Persbul Buol 2 2 -- -- 3--1 6
2. Persipal Palu 2 1 1 - -- 2-1 4
3. Persikos Kota Sorong 2 -- 1 1 1-2 1
4. PSKT Tomohon 2 - -- 2 1-3 0

www.pssi-football.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar