Buol Dampingi Biak Lolos Ke 12 Besar

PS Biak dari Papua tampil mengesankan dengan menjuarai penyisihan grup Putaran II kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI-2010. Mereka mencatat nilai sempurna
sembilan dalam tiga pertandingannya, menghasilkan delapan gol tanpa kebobolan. Prestasi Biak hampir menyamai Perssin Sinjai, tim rumah di grup lainnya, yang membukukan nilai maksimal sembilan dengan mengoleksi sembilan gol tanpa balas.

Produktivitas PS Biak dan Perssin Sinjai yang wakil dari Sulsel itu tentunya akan membuat kedua tim sangat diperhitungkan dalam pertarungan Putaran III nanti, yang sekaligus menentukan promosi enam tempat di Divsi Utama.

Perebutan tempat ke Divisi Utama baru akan dilangsungkan pekan ketiga November mendatang. Badan Liga Sepakbola Amatir Indonesia (BLAI) PSSI semula menentukan Putaran III akan tetap digelar dengan sistem turnamen kandang atau home-tournament, di mana ke-12 peserta akan dibagi dalam tiga grup dan dua peringkat teratas otomatis lolos ke Putaran IV atau promosi ke Divisi Utama pada musim kompetisi 2011.

Akan tetapi, kini tidak tertutup kemungkinan BLAI-PSSI memindahkan tempat pertandingan babak krusial ini ke daerah netral. Hal ini dilakukan guna lebih memaksimalkan sportivitas dan daya dukung masyarakat pecinta sepakbola lainnya.

Saat ini, sudah 10 tim yang lolos ke Putaran III atau babak "12 besar" tersebut. Ke-10 tim berasal dari penhyisihan lima grup Putaran II. Yakni, Persitema Temanggung, Persip Pekalongan, Madiun Putra, PSBK Blitar, Persewangi Banyuwangi, Persepam Pamekasan, Perssin Sinjai, KSB Sumbawa Barat, PS Biak dan Persbul Buol. Tim terakhir, Persbul Buol, lolos sebagai pendamping PS Biak.

Posisi Buol sempat kritis setelah pada pertandingan pertamanya menyerah 0-3 pada PS Biak, lalu hanya bermain imbang 1-1 dengan Persigubin Gunung Bintang. Peluang untuk Buol baru terbuka setelah pada laga terakhirnya merebut tiga angka dari kemenangan 1-0 atas Persipal Palu. Namun, peluang Buol untuk lolos tergantung pada hasiul pertandingan antara PS Biak dan Persigubin Gunung BIntang, kemarin.

Seandainya pertandingan dimenangkan Persigubun dengan selisih tiga gol saja, maka Persigubin yang lolos ke Putaran III. Namun, PS Biak ternyata tidak memberi hati pada sesama tim Tanah Papua itu. Mereka tidak mau dianggap bermain mata, bahkan tampil dengan kekuatan penuh dan menghajar lawannya dengan skor 3-0. Kemenangan Biak tentu saja disambut kegembiraan luar biasa dari kubu Persbul Buol.

KLASEMEN AKHIR GRUP BIAK
1. PS Biak       3 3 0 0 8-0 9
2.Persbul Buol 3 1 1 1 2--3 4
2.Persipal Palu 3 1 0 2 2-3 3

3 Persigubin     3 0 1 2 1-5 1

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar